"SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA :)......,"

Kamis, 18 November 2010

kerusakan sederhana pada pc dan penanganan awal...

Sering kali kita merasa jengkel karena komputer kesayangan kita rusak dan harus di install ulang, kerap kali hal ini terjadi diakibatkan oleh ulahnya si tangan jahil yang tak bertanggung jawab, mengutak ngatik, mengobok obok isi perut harddisk kita. Dan akibat dari perbuatannya itu banyak terjadi perubahan bahkan kerusakan pada system komputer, yang membuat komputer kita berjalan tidak normal.
Flashdisk….!!! Hati hati dengan media yang satu ini, sebab kerap kali virus bercokol dan kongkow kongkow disini dan mereka akan menyerang masuk kedalam komputer apabila flashdisk dihubungkan ke komputer. Dan mereka akan menetap, menginap didalam komputer bahkan beranak pinak disana tapi ingat mereka bukan hanya sekedar menginap atau beranak pinak tapi juga akan bekerja sesuai perintah pembuatnya yaitu : merusak seluruh jaringan dan system komputer kita, dimana gejala awalnya adalah komputer akan terlihat lambat jalannya, berat tak karuan.
Berikut dibawah ini cara sederhana untuk mengatasi persoalan diatas, semoga saja bermanfaat ya, amin ya robbal alamin.

Pertama : Instal Ulang Windows dimana sebelumnya lakukanlah hal berikut :: buatlah dua partisi pada harddisk dengan menggunakan FDISK ( File ini ada di MSDOS bukan di Windows ) dan atau bisa langsung membuatnya pada saat instalasi windows. Lalu formatlah keduanya dengan menggunakan format standar bukan dengan quick format. Setelah itu install lah Microsoft Windows.sampai selesai

Kedua : Setelah menginstal Ms. Windows, berikutnya instal software deepfreez ( yang berfungsi untuk mengunci harddisk, partisi yang dikunci cukup hanya drive C saja sedangkan drive D biarkan terbuka ), dan jika sudah aktifkan deepfreez dengan cara menekan tombol Shift + klik 2x icon deepfreez, lalu aktifkan pilihan BOOT FROZEN, setelah itu klik OK dan kembali restar ulang komputer anda. ( Deepfreez jika tidak aktif akan terlihat ditandai dengan tanda silang pada iconnya, sedangkan jika aktif maka tidak ada tanda silang pada iconnya. Icon Deepfreez ada dipojok sebelah kanan bawah ). Sampai disini komputer kita sudah tergolong aman..

Ketiga : Setelah harddisk terkunci, mulailah dengan menginstal software antivirus, terserah, mau anti virus yang mana tapi disini penulis meggunakan antivirus SMADAV 2009 dan usahakan menggunakan antivirus yang mampu mendeteksi program AUTORUN ( software yg jalan sendiri saat terhubung dengan komputer, biasanya software ini terdapat pada CD dan flashdisk ).
Ingat : antivirus yang diinstall pada saat deepfreez aktif akan hilang ketika komputer di restart, sengaja antivirus ini diinstal pada saat deepfreez aktiv untuk melakukan uji coba kebersihan antivrius itu sendiri.. Dalam kondisi belum di restart, maka selanjutnya lakukan uji coba SCAN….. jika ternyata komputer bebas virus maka restar komputer lalu non aktifkan deepfreez dan install kembali antivirus. Dan setelah antivirus terinstal, kembali aktifkan deepfreeznya dan restar kembali komputer. ( Ini adalah tingkat aman ke dua )

Keempat : Setelah antivirus terinstal dan harddisk terkunci maka sekarang kita coba install program lainnya sampai tuntas, program apa saja terserah dan jalankan program tersebut, setelah itu tutup kembali. Lalu jalankan antivirus, scan ulang harddisk, apakah ada perubahan pada system, utamanya di registrinya, jika tidak ada maka instal ulang program tersebut disaat deepfreez dalam kondisi non aktif. Begitulah seterusnya sampai semua program/ software yang anda ingnkan teruji kebersihannya.

Seputar Virus dan Antivirus

Virus adalah merupakan suatu program yang dirancang khusus oleh pembuatnya dengan tujuan yang berbeda beda dan memiliki karakteristik yang berbeda beda pula, dimana sang virus dapat mengembangkan atau menyebarkan dirinya ke dalam suatu file baik itu file system maupun bukan, dimana hal itu bisa mengakibatkan proses laju system menjadi terhambat, terasa lambat dan kadang menjadi hang.

Proses penyebarannya : Virus pada awalnya ditempatkan oleh pembuatnya disuatu program atau software yang banyak dipakai atau dibutuhkan oleh orang banyak, contohnya seperti games ( baik games yang ada di CD maupun di Internet ), atau software penting lainnya.
Ketika games atau software yang ada virus tersebut digunakan oleh pemakai, maka secara otomatis virus akan masuk ke komputer lewat system serta aktif ( hidup ) menetap berada di memori, dimana virus yang sudah ada dimemori ini akan menyebarkan ( menularkan ) dirinya maka ada program atau software yang dijalankan oleh user. Dan dia akan kembali aktif dimemori secara otomatis ketika komputer direstart.
Antivirus adalah suatu program yang dibuat oleh pembuatnya dengan tujuan untuk membasmi virus yang ada dikomputer, dimana antivirus ini akan memulai mencari keberadaan virus itu diseputar memori lalu ke registri selanjutnya ke file file system dan terakhir keseluruh file yang ada di komputer.
Namun antivirus itu memiliki kemampuan yang berbeda beda, dimana perbedaan itu sendiri bisa jadi disebabkan oleh kurangnya data virus yang dia miliki didalam databasenya, maka oleh karena itu kenapa antivirus harus di UPDATE, yah karena pihak pembuatnya baru menemukan virus baru yang belum terdapat/ tercatat didalam database sebelumnya. Jika anda tidak mengupdatenya, maka ada kemungkinan virus yang baru itu tidak akan terdeteksi oleh antivirus, dimana nantinya virus secara leluasa bisa masuk dan menyebar dikomputer anda.

Demikian dari penulis, semoga bermanfaat…kalo pembaca merasa kesulitan mempraktekkan cara cara ini, silahkan hubungi kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...