"SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA :)......,"

Senin, 01 November 2010

Tips Sederhana Merawat Laptop Anda

Masih ingat sama ungkapan ini, “Kembali ke.. Laptop”? Tak bisa dipungkiri lagi, saat ini keberadaan Laptop sudah merupakan sebuah kebutuhan sehari-hari kita. Berbagai macam merk Laptop kini tersedia di pasaran sehingga memudahkan kita untuk memilihnya, apalagi dengan kisaran harga yang semakin murah tapi dengan fitur-fitur yang semakin canggih.
Tapi semahal dan secanggih apapun Laptop kita, kalau tanpa perawatan yang baik, maka jangan mengharapkan Laptop kita akan berumur panjang dan bekerja dengan baik. Nah bagi anda yang punya Laptop, ada baiknya anda coba tips sederhana merawat laptop berikut ini, mudah-mudahan bermanfaat.
1.  Bersihkan layar secara teratur.
Layar boleh dikatakan sebagai elemen Laptop yang paling mahal dan berharga. Karena itu berilah perhatian lebih pada layar laptop anda. Bersihkan layar secara teratur dengan menggunakan kain yang sangat lembut. Jangan sekali-kali menggunakan kain kasar yang ada motifnya karena bisa membuat goresan pada layar laptop anda. Kalau anda ingin menggunakan cairan pembersih, jangan semprotkan cairan tersebut langsung pada layar anda, tapi cukup anda semprotkan pada kain yang akan anda gunakan untuk membersihkan layar. Selain itu pilihnya  cairan pembersih khusus jangan memakai sembarang pembersih.
2.  Jaga Laptop anda dari Debu dan Cuaca
Hindari pemakaian laptop di tempat yang berdebu misal di jalan raya. Bersihkan secara teratur laptop anda dari debu dan pakailah pelindung saat anda menyimpan laptop anda sehingga terbebas dari debu. Selain itu perhatikan cuaca saat anda memakai laptop, jangan menggunakan laptop di tempat yang ekstrim panas ataupun sebaliknya cuaca yang terlalu dingin. Sederhananya, ketika tubuh anda merasa nyaman dengan cuaca suatu tempat/daerah, maka Laptop pun akan merasakan demikian. Tapi ketika anda merasa gerah/kepanasan atau kedinginan dengan cuaca suatu tempat, maka sebaiknya anda menghindari pemakaian laptop di tempat seperti ini. Jadi, apa yang terbaik buat anda itulah yang terbaik buat Laptop anda.
3. Jangan meletakkan benda-benda berat diatas Laptop.
Bagian Laptop seperti layar dan hardisk sangat rentan terhadap tekanan, karena itu jangan sekali-kali meletakkan benda diatas laptop anda.
4.  Jauhkan Laptop Anda dari peralatan yang memancarkan Arus Magnetik
Hindari memakai Laptop di tempat yang mempunyai tekanan magnetik cukup tinggi. Paling tidak letakkan laptop anda 15 cm dari peralatan seperti televisi, microwave yang mempunyai tekanan magnetik tinggi.
5. Jangan Makan dan Minum di dekat Laptop
Emang enak sih chatting, browsing atau main game di laptop sambil ngemil, makan dan minum. Tapi justru kesenangan kecil ini bisa membahayakan Laptop anda. Tetesan sekecil apapun dari air minum pada laptop bisa membuat laptop anda rusak. Jadi sebaiknya hindari makan dan minum di dekat Laptop. Kalaupun anda terpaksa memakai Laptop sambil makan dan minum, (karena anda berada di Café untuk menikmati hotspot gratis) selalu berhati-hati saja, jangan sampai makanan dan minuman anda mengenai laptop.
6. Selalu Pergunakan Tas khusus buat Laptop
Tak ada salahnya anda untuk membeli tas khusus buat laptop anda, sehingga saat anda membawa Laptop anda bisa lebih aman. Pilihlah tas buat laptop yang keras di luar tapi sangat lembut di dalam, sehingga meskipun terkena goncangan keras, laptop anda masih tetap aman. Selain itu hindari memasukkan benda-benda lain seperti buku, bollpoin atau DVD sekalipun ke dalam tas laptop anda, untuk menghindari terjadinya gesekan benda-benda tersebut dengan laptop anda.
7. Jangan Tinggalkan Laptop Anda di dalam Mobil
Ada beberapa faktor yang bisa membuat laptop anda rusak, salah satunya karena cuaca panas. Dengan meninggalkan Laptop di dalam mobil, selain resiko kepanasan, ada resiko yang lebih besar yaitu Laptop anda bisa dengan mudah digondol oleh maling atau pencuri, karena itu hindarilah meninggalkan laptop sendirian  di dalam mobil.
8. Perhatikan baik-baik Battery Laptop Anda
Perhatikan selalu indikator batery laptop anda, jangan sampai anda mengalami krisis energi. Charge-lah ketika indikator batery benar-benar mau habis (Sekitar 10-5 persen). Untuk lebih memperpanjang umur batery cobalah untuk mengurangi kecerahan layar laptop anda, Aktifkan “Standby” dan “Hibernation” power saving. Kalau anda tidak menggunakan laptop untuk jangka waktu lama, sebaiknya lepaskan batery dari laptop anda setelah sebelumnya dicharge sampai full, kemudian simpan di tempat yang kering, jauhkan dari panas dan debu.
9. Back Up data anda secara teratur
Sebaiknya anda melakukan backup secara teratur terhadap file-file penting dengan menggunakan flashdisk atau CD.
10. Shortcut to Success
Letakkan shorcut dari program-program yang sering anda gunakan di desktop, sehingga anda bisa cepat dan mudah ketika akan mempergunakan program tersebut.
11. Hapus file-file yang Tidak Penting
Hapuslah file-file yang tidak penting dari Laptop, sehingga hardisk anda tidak dipenuhi oleh file-file yang tidak berguna.
12.  Defrag Hardisk anda secara teratur
Biar kinerja dan kecepatan hardisk tetap dalam kondisi terbaik, sebaiknya lakukan Defrag secara teratur.
13.  Jangan Sentuh Optik DVD atau CD Drive
Ketika akan memasukan sebuah DVD atau CD sebaiknya berhati-hati, jangan sampai jari anda tanpa sengaja menyentuh optik dari DVD atau CD Drive anda yang akan menyebabkan DVD/CD Drive anda tidak bisa membaca DVD/CD.
14. Berilah Napas pada Hardisk Anda
Ketika anda men-Shut Down  Laptop anda, sebaiknya berilah waktu 30 detik sampai 1 menit sebelum anda menyalakan (Start Up) kembali. Biar hardisk anda bisa sedikit bernapas terlebih dahulu. Selain jangan sekali-kali men-Switch Off laptop anda ketika indikator hardisk masih berkedip-kedip.
15. Jangan terlalu keras dan cepat menekan tombol keyboard.
Kalau anda terbiasa mengetik dengan sangat cepat dengan tekanan yang keras saat menggunakan keyboard biasa, sebaiknya jangan anda lakukan ketika anda mengetik di Laptop anda. Keyboard biasa dengan Keyboard Laptop sangat jauh berbeda. Keyboard Laptop lebih sensitive dan rentan sekali dibandingkan keyboard biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...