"SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA :)......,"

Senin, 01 November 2010

Tips Biar Laptop Tetep Awet



Papparappappap , kembali ke laptop , ahahahahh ..
Omongannya tukul tuh , hehe ..
Btwbtw ada tips nih , cara merawat laptop biar laptopnya tetep awet , biar gk cepet rusak , selalu sehat wal a’fiat , loh ?! baik software maupun hardwarenya, jadi gk harus beli moloo , hehe :P
Susah susah gampang lah perawatannya ,

Berikut tips – tips yang didapet dari hasil browsing , diantaranya :

1. Jangan sembarangan mendownload software gratis dari internet.
Gunakan software-software yang udah didapetin dari paket laptop yang dibeli. Risiko virus bisa merusak ke dalam laptop kawaandd, kalo’ sembarangan menggunakan software dari internet. Kalo’ tetep ingin menggunakan software hasil download, maka pastikan sudah scan software tersebut dengan antivirus yang dimiliki.

2. Jangan letakkan laptop di lantai.
Hati – hati , bisa bisa laptopnya ke injek orang. Selain itu, laptop yang diletakkan di lantai akan cepat kotor oleh debu.

3. Tancapkan ke stabilizer listrik laptop Anda.
Kalo’ lagi pake laptop dengan menggunakan listrik (tanpa baterai), maka sebaiknya gunakan stabilizer yang bisa mencegah terjadinya tegangan listrik yang tidak stabil ke laptop kawaandd.

4. Jangan letakkan benda apapun di antara keyboard dan layar laptop.
Banyak orang yang menggunakan laptop, trus meletakkan kertas-kertas di atas keyboard laptop, kemudian menutup laptopnya. Hal ini sangat berbahaya, karena risiko layar tergores menjadi besar.

5. Jangan letakkan laptop Anda pada permukaan yang terlalu empuk.
Ini adalah sangat berbahaya, karena dapat menghambat keluarnya panas dari dalam laptop dan menjadikan laptop Anda kepanasan.

6. Berhati-hatilah ketika membawa laptop di dalam tas.
Jangan gunakan sembarang tas untuk membawa laptop. Gunakan tas yang memang digunakan untuk laptop sehingga benda-benda lainnya tidak akan menggores bagian-bagian tertentu pada laptop.

7. Jangan pernah minum atau makan atau meletakkan minuman yang mengandung cairan di sekitar laptop.
Ini sangatlah berbahaya, karena laptop sangat peka terhadap cairan yang mengenai laptop, misalnya saja cairan yang masuk ke dalam keyboard.

8. Jangan pernah berusaha untuk membongkar laptop sendiri.
Sotoy luuu , kalo’ coba – coba buat utak atik laptop sendiri. Banyak bagian-bagian yang sangat kecil, yang dari pabriknya aja udah dirakit dengan menggunakan presisi robot. Kalo’ ceroboh, bisa bisa laptopnya rusak parah. Bawalah selalu laptop yang rusak ke dealer atau service center dari laptop kawandd.

9. Bersihkan layar secara teratur.
Layar bisa dikatakan sebagai elemen Laptop yang paling mahal dan berharga. Karena itu berilah perhatian lebih pada layar laptop. Bersihkan layar secara teratur dengan menggunakan kain yang sangat lembut. Jangan sekali-kali menggunakan kain kasar yang ada motifnya karena bisa membuat goresan pada layar laptop anda.

Kalo’ ingin menggunakan cairan pembersih, jangan semprotkan cairan tersebut langsung pada layar, tapi cukup disemprotkan pada kain yang akan digunakan buat membersihkan layar. Selain itu, pilihlah cairan pembersih khusus, jangan memakai sembarang pembersih.

10. Jaga Laptop anda dari Debu dan Cuaca.
Hindari pemakaian laptop di tempat yang berdebu misal di jalan raya. Bersihkan secara teratur laptop dari debu dan pakailah pelindung saat menyimpan laptop sehingga terbebas dari debu. Selain itu perhatikan cuaca saat memakai laptop, jangan menggunakan laptop di tempat yang ekstrim panas ataupun sebaliknya cuaca yang terlalu dingin.

11. Jangan meletakkan benda-benda berat diatas Laptop.
Bagian Laptop seperti layar dan hardisk sangat rentan terhadap tekanan, karena itu jangan sekali-kali meletakkan benda diatas laptop.

12. Jauhkan Laptop Anda dari peralatan yang memancarkan Arus Magnetik.
Hindari memakai Laptop di tempat yang mempunyai tekanan magnetik cukup tinggi. Paling tidak letakkan laptop anda 15 cm dari peralatan seperti televisi, microwave yang mempunyai tekanan magnetik tinggi.

13. Jangan Makan dan Minum di dekat Laptop.
Tetesan sekecil apapun dari air minum pada laptop, bisa membuat laptop rusak. Jadi sebaiknya hindari makan dan minum di dekat Laptop. Kalaupun terpaksa memakai Laptop sambil makan dan minum, yaa hati – hati aja, jangan sampai makanan dan minumannya mengenai laptop.

14. Selalu Pergunakan Tas khusus buat Laptop.
Gak ada salahnya beli tas khusus buat laptop, jadinya pas dibawa, Laptopnya bisa lebih aman. Pilihlah tas buat laptop yang keras di luar tapi sangat lembut di dalam, sehingga meskipun terkena goncangan keras, laptop masih tetap aman.

Selain itu hindari memasukkan benda-benda lain seperti buku, bollpoin atau DVD sekalipun ke dalam tas laptop, untuk menghindari terjadinya gesekan benda - benda tersebut dengan laptop kawandd.

15. Jangan Tinggalkan Laptop di dalam Mobil.
Dengan meninggalkan Laptop di dalam mobil, selain resiko kepanasan, ada resiko yang lebih besar yaitu Laptop kawandd bisa dengan mudah digondol sama maling atau pencuri, karena itu hindarilah meninggalkan laptop sendirian di dalam mobil.

16. Perhatikan baik-baik Battery Laptop Anda.
Perhatikan selalu indikator batery laptop, jangan sampai mengalami krisis energi. Charge - lah ketika indikator batery benar-benar mau habis (sekitar 10 - 5 % deh).

Untuk lebih memperpanjang umur battery, cobalah untuk mengurangi kecerahan layar laptop. Aktifkan “Standby” dan “Hibernation” power saving. Kalo’ nggak menggunakan laptop untuk jangka waktu lama, sebaiknya lepaskan batery dari laptop, setelah sebelumnya dicharge sampai full, kemudian simpan di tempat yang kering, jauhkan dari panas dan debu.

17. Back Up data anda secara teratur.
Sebaiknya lakukan backup secara teratur terhadap file-file penting dengan menggunakan flashdisk atau CD.

18. Shortcut to Success.
Letakkan shorcut dari program-program yang sering digunakan di desktop, jadi bisa cepat dan mudah ketika akan mempergunakan program tersebut.

19. Hapus file-file yang Tidak Penting.
Hapuslah file-file yang tidak penting dari Laptop, sehingga hardisk tidak dipenuhi oleh file-file yang tidak berguna.

20. Defrag Hardisk anda secara teratur.
Biar kinerja dan kecepatan hardisk tetap dalam kondisi terbaik, sebaiknya lakukan Defrag secara teratur.

21. Jangan Sentuh Optik DVD atau CD Drive.
Ketika akan memasukan sebuah DVD atau CD sebaiknya berhati-hati, jangan sampai jari tanpa sengaja menyentuh optik dari DVD atau CD Drive, karena akan menyebabkan DVD/CD Drive tidak bisa membaca DVD/CD.

22. Berilah Napas pada Hardisk.
Ketika men - Shut Down Laptop, sebaiknya berilah waktu 30 detik sampai 1 menit sebelum anda menyalakan (Start Up) kembali. Biar hardisk bisa sedikit bernapas terlebih dahulu. Selain itu, jangan sekali - kali men - Switch Off laptop ketika indikator hardisk masih berkedip-kedip.

23. Jangan terlalu keras dan cepat menekan tombol keyboard.
Kalau terbiasa mengetik dengan sangat cepat dengan tekanan yang keras saat menggunakan keyboard biasa, sebaiknya jangan dilakukan ketika sedang mengetik di Laptop. Keyboard biasa dengan Keyboard Laptop sangat jauh berbeda. Keyboard Laptop lebih sensitive dan rentan sekali dibandingkan keyboard biasa.

24. Jangan menaruh laptop dekat minuman.
Untuk mengurangi kemungkinan tersenggol atau tindakan ceroboh lainnya, ketika menggunakan laptop jangan menaruhnya di dekat minuman ataupun segala macam cairan, karena jika air tersebut tumpah dan masuk ke dalam laptop dapat menyebabkan konsleting yang bisa mengakibatkan laptop rusak.

Kalo’ hal ini sampai terjadi cepat cepatlah cabut adaptor dan lepaskan baterai, bongkar laptop lalu diamkan hingga kering.

25. Jangan menaruh laptop dekat handphone.
Peralatan elektronik seperti handphone,televisi,atau speaker aktif mengeluarkan medan magnet. Medan magnet ini akan mempengaruhi kerja komponen laptop terutama harddisk. Untuk melindungi data yang ada di dalamnya, jangan menaruh laptop berdekatan dengan sumber magnet tersebut.

Kalo’ misalnya ingin menggunakan handphone untuk mengakses internet menggunakan fasilitas inframerah, Bluetooth, atau kabel data, letakkan handphone agak jauh, sekitar 15-20 cm dari laptop.

26. Jangan menaruh laptop di tempat yang panas
Panas yang berlebihan dapat merusak komponen laptop, jadi jangan sekali kali menaruhnya di tempat yang panas seperti meninggalkannya di mobil dengan tempat parkir yang panas.

27. Jangan menaruh laptop di permukaan yang terlalu empuk.
Permukaan yang empuk seperti bantal atau kasur dapat menghambat udara panas ini tidak bisa keluar karena terhambat atau tertutup kasur, laptop akan menjadi terlalu panas (overheating) dan mempunyai kemungkinan untuk rusak.

28. Jangan menaruh laptop di lantai.
Jika menaruhnya di lantai, selain cepat kotor oleh debu, resiko laptop terinjak kaki juga sangat besar. Boleh saja meletakkannya di lantai akan tetapi harus berhati hati dan harus dalam pengawasan kita.

29. Jangan menaruh benda apapun di antara keyboard dan layar laptop.
Mulai sekarang, coba hilangkan kebiasaan meletakkan kertas atau benda lain di atas keyboard laptop. Hal ini sangat berbahaya, resiko layar tergores menjadi besar.

30. Jangan menaruh beban berat di atas laptop.
Menaruh buku yang berat di atas laptop dapat menyebabkan kerusakan pada layer LCD secara permanent. Hindari menaruh buku atau barang lain yang memberikan tekanan pada laptop.

31. Jangan membiasakan membawa / memindahkan laptop dengan kondisi hidup.
Mungkin awalnya tidak apa apa, tetapi guncangan akibat terlalu sering memindahkan laptop dengan kondisi menyala dapat menyebabkan kerusakan harddisk. Guncangan membuat head harddisk memiliki kemungkinan menggores cylinder harddisk.

32. Jangan membawa laptop di dalam tas yang penuh berisi barang barang.
Sebisa mungkin hindari memaksa laptop masuk ke dalam tas yang penuh. Laptop yang terkena tekenan memperbesar peluang tergoresnya badan laptop dan rusaknya layar LCD. Gunakan tas khusus laptop dan taruh terpisah dari tas barang barang lainnya. Tas laptop dibuat sedemikian rupa untuk meredam guncangan guncangan kecil dan kemungkinan goresan dari benda di sekitarnya.

33. Jangan meminjamkan laptop ke sembarang orang
Laptop sifatnya personal. Dengan alasan keamanan data, jangan meminjamkan laptop ke sembarang orang. Selalu ada kemungkinan data hilang baik itu sengaja atau tidak sengaja. Jika memang perlu untuk meminjamkannya, buatlah user account baru dan beri password.

Cara perawatan :
1. Membersihkan “Keyboard”.
Keyboard laptop gampang sekali kotor, entah karena jari tangan yang berminyak, abu rokok, remah-remah roti, atau debu. Ambil kuas dan sapukan ke sela-sela tombol untuk mengeluarkan kotoran, atau gunakan vacuum cleaner portabel untuk menyedot debu yang ada. Bersihkan permukaan tombol keyboard dengan kain yang dibasahi cairan pembersih kaca. Gunakan proteksi pelindung keyboard untuk mencegah kotoran.
2. Mengelap Layar.
Jangan sembarangan menggunakan cairan pembersih pada layar, pakailah pembersih kaca. Semprotkan pada kain halus atau katun, lalu poles layar monitor. Jangan menyemprotkan langsung pada layar, karena bisa menyebabkan pemukaan LCD (Liquid Crystal Display) menjadi belang. Bersihkan secara searah, misalnya dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan, serta jangan menekannya terlalu keras.
3. Hindari Panas Matahari.
Jangan meninggalkan notebook di dalam mobil yang diparkir di bawah sinar matahari. Panas yang berlebihan di dalam mobil bisa menyebabkan kerusakan komponen-komponen notebook.
4. Menghindari Goresan
Amankan benda-benda tajam dari sekitar notebook. Taruh lapisan pelindung di atas keyboard sebelum menutup case, agar layar tak tergores. Apabila hendak bepergian, masukkan notebook pada wadah/tas yang telah tersedia.
5. Case Cemerlang
Tangan yang kotor dan berminyak juga menjadi penyebab case tidak lagi mengilat. Pakai deterjen nonzat alkalin dicampur air untuk membersihkannya. Bisa pula dengan pembersih multiguna untuk peranti elektronik, yang biasanya berupa busa. Semprotkan pada kain lap lembut, lalu gosok secara perlahan permukaan case.
6. Menyimpan notebook
Bila akan menyimpan notebook dalam waktu lama, sebaiknya lepaskan baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering, serta bersirkulasi udara cukup baik. Taruh silikon gel untuk menghindari jamur. Begitu ingin menggunakannya kembali, setrum baterai dengan cara mengisi dan mengosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut.
7. Hindari Medan Magnet
Untuk melindungi data yang ada di dalam hard disk, jangan letakkan peranti yang mengandung medan magnet/elektromagnet kuat di sekitar notebook. Peranti-peranti penghasil medan magnet, misalnya, spiker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) atau telepon selular. Sekiranya ingin mengakses Internet menggunakan fasilitas infrared pada ponsel, letakkan ponsel dalam jarak sekitar 15 cm dari notebook.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...